PMI Kabupaten Cirebon Punya Cold Room Darah, Juga Punya Ini, Bisa Bantu Pasien Covid-19

PMI Kabupaten Cirebon Punya Cold Room Darah, Juga Punya Ini, Bisa Bantu Pasien Covid-19

CIREBON – Sebagai salah satu organisasi nirlaba yang selalu diandalkan di wilayah III Cirebon, PMI Kabupaten Cirebon selalu berbenah. Hal ini bertujuan, supaya bisa membantu pelayanan kesehatan masyarakat.

Semenjak beberapa tahun lalu, PMI Kabupaten Cirebon selalu menjadi tempat rujukan penyimpanan dan pendistribusian darah untuk kebutuhan seluruh rumah sakit yang ada di wilayah III Cirebon.

Oleh sebab itu, Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Hj Sri Heviyana menyampaikan bahwa, saat ini pihaknya sudah mempnyai cold room.

“Kapasitas cold room itu bisa menampung 4 ribu labu darah,” ucapnya saat menerima kunjungan silaturahmi PWI Cirebon dan Karang Taruna Kabupaten Cirebon, Selasa, 18 Januari 2022.

Tidak hanya itu, PMI Kabupaten Cirebon juga telah memiliki sertifikat Cara Pembuatan Obat Baik (CPOB) dari BPOM.

“Hal ini membuat kami memiliki kewenangan untuk memproduksi plasma konvalesen yang diperuntukkan bagi pasein Covid-19,” terangnya.

Dengan memiliki fasilitas dan sertifikat tersebut, di Jawa Barat hanya ada tiga daerah yang memiliki mesin apheresis untuk plasma konvalesen ini, yaitu Kabupaten Cirebon, Kota Bandung serta Kabupaten Bekasi.

“Saat puncak pandemi Covid-19 2021 lalu, banyak yang datang kemari untuk donor plasma konvalesen ini. Bahkan, dari luar daerah juga banyak,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) dr Suwanta mengatakan, pihaknya sudah dipercaya sebagai pengampu stok darah bagi wilayah III Cirebon.

“Sebagian besar rumah sakit diampu oleh kami. Kita memiliki mesin cold room yang berkapasitas hingga 4 ribu labu darah,” katanya.

Ia menambahkan, dari 425 UTD di seluruh Indonesia, hanya ada 18 UTD yang mendapatkan sertifikat CPOB, salah satunya adalah UTD PMI Kabupaten Cirebon. (jun)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: